Fakta Unik Terjadinya Siang dan Malam

Fakta Unik dari terciptanya siang dan malam kebanyakan orang tidak tahu, nah kali ini ane akan share apa aja fakta-fakta unik nya.

Ketika siang, setengah bagian bumi menghadap matahari dan apabila malam, bagian bumi tersebut membelakangi matahari.

1

Sistem pergantian siang malam

Bumi berputar ke timur sehingga matahari kelihatan terbit dari timur dan tenggelam di barat.

2

Rotasi Bumi

#Fakta unik tentang siang-malam 3~

Karena rotasi bumi, bintang akan kembali terlihat di tempat yang sama pada malam hari setiap 23 jam 56 menit 4.09 detik. Waktu yang dibutuhkan ini disebut “Star Day”

 

#Fakta unik tentang siang-malam 4~

Sedangkan matahari akan terlihat di tempat yang sama pada siang hari setiap 24 jam. Hal ini lebih lama daripada “Star Day” karena bumi berpindah 1 derajat tiap hari terhadap matahari karena pengaruh revolusi bumi.

3

 

 

#Fakta unik tentang siang-malam 5~

Di planet lain lama sehari semalam berbeda-beda tergantung seberapa cepat planet tersebut berotasi.

4

1 hari di Planet Yupiter kurang dari 10 jam di bumi karena Planet Yupiter berotasi cepat sekali

5

1 hari di Planet Merkurius berlangsung selama 59 hari di bumi atau hampir dua bulan

6

1 hari di Planet Mars hampir sama dengan bumi yaitu 24.6 jam.

1 hari di bulan(satelit alam bumi) sama dengan lamanya 1 bulan di bumi

1 hari di bulan(satelit alam bumi) sama dengan lamanya 1 bulan di bumi

 
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.
Quran 39:5
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
Quran 35:13
Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan- Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.
Quran 31:29
Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan karena matahari dan bulan masing2 beredar mengelilingi bumi sehingga terjadi siang dan malam, dan keduanya mempunyai garis edar sendiri saling berkejar-kejaran tetapi matahari tidak mungkin bagi matahari untuk mendapatkan bulan dan sebaliknya karena mereka beredara mengelilingi bumi seperti anjing yang mengejar ekornya (dengan sendirinya gerhana bulan ataupun matahari pun tidak mungkin terjadi terjadi).
Quran 36:37-40
Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masingmasing beredar pada garis edarnya. Pemahaman penulis Al Quran juga demikian dangkal yang mengatakan bahwa saat malam terjadi dan kegelapan menyelimuti bumi, matahari itu terbenam dan ngumpet di bahwa Arsy (tahta) Allah, di antara kedua sisi kepala Iblis, atau di laut berlumpur.
Quran 13:2
Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.
Quran 18:86
Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbenamnya matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: “Hai Dzulqarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka”

Sumber : http://habiball.blogspot.com/2013/05/fakta-unik-terjadinya-siang-dan-malam.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: